gambar-ganache

Ganache berasal dari bahasa Prancis yang artinya isian coklat dan krim, atau bahasa koboinya ganache adalah campuran antara cream dan coklat dengan perbandingan tertentu. Yang bisa digunakan untuk filling (cake, truffle, pastries dsb) maupun untuk icing (covering) pada cake.

Ditemukan pertama kali sekitar tahun 1850 an, ada yang bilang ditemukan pertama kali di Switzerland atau swiss dan ada juga yang menyatakan ditemukan pertama kali di Paris Patisserie Siravdin.

Coklat yang digunakan umumnya adalah coklat masak atau Dark Cooking Chocolate (DCC) walaupun tidak jarang ditemui ganache yang menggunakan White Cooking Chocolate (WCC) sehingga bisa diwarnai. Sedangkan cream yang biasa digunakan adalah heavy cream atau double cream atau krim kental.

Cara membuat ganache pada umumnya adalah dengan cara men”tim” coklat bersamaan dengan cream, atau menghangatkan cream kemudian dimasukkan coklat, kemudian aduk-aduk sampai dengan capuran krim dan coklat homogen.

Berdasarkan bahan dasarnya, ganache bisa dibagi menjadi :

  • Dark Chocolate ganache
  • Milk Chocolate ganache
  • White Chocolate ganache

sedangkan berdasarkan penggunaannya :

  • Ganache siram (ganache miror)
  • Ganache filling
  • Ganache cream

Ganache dari cara pembuatan :

  • ganache tim (inap)
  • ganache instan

untuk rasa yang nikmaaattt gunakan coklat masak yang berkualitas seperti jenis couverture dan Cream Dairy. Tapi ganache dengan resep ini sangat gampang meleleh, jadi cocoknya untuk filling.

sementara ganache yang lebih stabil di suhu ruang bisa menggunakan chocolate compound dan cream non dairy.

Jangan lupa supaya rasa coklat dan krimnya lebih keluar, inapkan ganache sekitar 12 jam. saat mau digunakan keluarkan dari kulkas biarkan pada suhu ruang sampai bisa dikocok atau diaduk-aduk.

tapi semua berpulang kepada selera dan kantong masing-masing :D buat saya semua ganache pasti enak hehehe..

tulisan ini disadur dari :

http://ezinearticles.com/?History-of-Chocolate-Truffles&id=72924
http://www.joyofbaking.com/ganache.html